Jumat, 17 Maret 2017

Penulisan 57 [ Soft Skill ]

Tugas 1


Teknologi Game
Teknologi adalah sebuah pengetahuan yang ditujukkan untuk menciptakan alat, tindakan pengolahan dan ekstrasi benda. Sedangkan game adalah sebuah system di mana pemain terlibat dalam konflik buatan, ditentukan oleh aturan yang menghasilkan hasil yang terukur. Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi perkembangan sebuah game, dimana perubahan dari tahun ke tahun terlihat sangat jelas salah satunya adalah grafiknya.

Platform atau alat yang digunakan untuk bermain game, yaitu :
1.      PC Games, sebuah game yang dapat dimainkan dengan menggunakan computer.
2.      Console  Games, sebuah game yang dapat dimainkan dengan menggunakan console seperti Playstation, XBOX, dan lain - lain.
3.      Handheld Games, sebuah game yang dimainkan dengan console tertentu seperti Sony PSP, atau Nintendo DS.
4.      Mobile Games, sebuah game yang dapat dimainkan menggunakan mobile phone.
Jenis dari game juga bermacam – macam, seperti :
1.      Action, Pemain harus menggunakan refles, akurasi dan waktu yang tepat untuk menyelesaikan sebuah level game.
2.      Fighting, Berupa pertarungan dan  pemain dapat memilih karakter dengan kemampuan berbeda-beda.
3.      First Person Shooter (FPS), Berupa tembak – tembakkan dan pemain akan memerankan tokoh dengan cara pandang orang pertama.
4.      Third Person Shooter (TPS), Sama dengan game FPS tapi berbeda dari sudut pandang pemain.
5.      Real Time Strategy (RTS), Menitikberatkan sebuah strategi untuk mengalahkan lawan – lawannya.
6.      Role Playing Game (RPG), Game yang menganduk unsur leveling dan pemain dapat menjelajahi dunia game.
7.      Adventure, Bersifat berpetualangan dan menekankan jalur cerita game.
8.      Simulasi, Game yang dibuat mirip dengan keadaan sekitarnya dan dalam genre tersebut keputusan pemain sangat mempengaruhi pada karakter yang dimainkan.
9.      Sport game, Game yang berhubungan dengan olah raga.

10.  Racing game, Game yang berhubungan dengan balapan.

Bisnis dalam Game Komputer
Bisnis dalam game computer berkembang dengan sangat cepat. Dahulu game yang dimainkan hanya game yang dibawaan dari system operasi karena game – game tersebut bergitu popular tapi semakin teknologi yang canggih membuat game – game yang sekarang mengalami peningkatan yang sangat jauh. Dalam bisnis game sekarang banyak cara untuk mendapatkan sebuah game yang kita inginkan salah satunya dengan mendownload game tersebut. Mendownload game tersebut tentu tidak semua game gratis, ada juga yang berbayar untuk dapat memainkan game tersebut. Salah satu distributor game yang paling banyak digunakan adalah Steam. Steam adalah distributor game yang menyediakan game original yang disediakan oleh Valve. Dalam Steam banyak sekali game – game yang dapat didownload dengan membayar atau bisa juga didapatkan dengan gratis.  


3D Engine dan Scene Graph
3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri 3 dimensi (X,Y, dan Z). Berbeda dengan 2D yang menggunakan 2 dimensi (X dan Y).
3D Engine merupakan system perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas ini biasanya disediakan oleh mesin permainan yang mencakup mesin render untuk 2D/3D grafis.
Konsep Graph Scene merupakan inti dari Java3D. Sebuah Scene graph merupakan grafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Secara garis besar terdapat 3 tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu :
1.      Menciptakan objek Canvas3D.
2.      Menciptakan sebuah scene graph.
3.      Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph. 

OGRE
(Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah sebuah adegan yang berorientasi, fleksibel mesin render 3D (sebagai lawan dari mesin permainan) ditulis dalam C + + dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan hardware-accelerated grafis 3D. ORGE (Object Oriented Graphics Rendering Engine) ialah engine yang object oriented dan fleksibel 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta di desain untuk mampu men-development dengan intuitif dan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphics.
Sejarah singkat dari OGRE :
1.      Berawal dari tahun 1999 merancang perpustakaan yang ada API dan platform independennya.
2.      Kemudian 25 Februari 2000 mendaftarkan proyek Sourceforge dengan nama OGRE.
3.      Februari 2005 dirilislah Ogre v1.0.0
4.      Maret 2005 Ogre adalah ‘Project of the Month’ di Sourceforge
5.      4 November 2005 Ankh dilepaskan sebagai produk komersial pertama menggunakan Ogre
6.      7 Mei 2006 Ogre 1.2 “Dagon” secara resmi dirilis
7.      25 Maret 2007 Ogre 1.4 “Eihort” secara resmi dirilis
8.      28 Agustus 2008 Ogre 1.6 “Shoggoth” secara resmi dirilis (Saat ini 1.6.5 Stable Release)
9.      31 Desember 2009 1,7 ogre RC1 “Ctchugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Pre Release)
10.  28 Februari 2010 Ogre 1.7 “Cthugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Stable Release)

Processing
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.


Game Marker
Game maker merupakan aplikasi game editor yang bersifat free atau gratis. Software ini bisa digabungkan dengan bahasa pemograman lain seperti C++, berguna bagi yang ingin membuat game bertipe Arcade(2D), juga sudah disediakan sampel game yang dibuat dengan software ini, diantara software itu pasti ada satu yang dikenal yaitu game “1945″.

Game maker memungkinkan untuk membuat permainan dengan menggunakan drag-and-drop sederhana,sehingga tidak perlu memiliki pengalaman coding sebelumnya. Ini mencakup pilihan bahasa pemrograman untuk menambahkan fitur-fitur canggih pada permainan tanpa perlu menulis satu baris kode.

Unity 3D
Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications.

Terdapat fitur – fitur yang disedikan oleh unity, yaitu :
1.      Rendering
2.      Scripting
3.      Asset Tracking
4.      Platforms
5.      Asset Store
6.      Physic

Desain Scenario, Script, dan Storyboard Game Komputer
Desain merupakan yang hal penting dalam game, dengan menggunakan desain  membuat sebuah game menjadi lebih menarik. Skenario juga tidak kalah pentingnya dalam game karena tanpa adanya skenario tidak ada alur cerita dalam game tersebut. Jadi desain skenario merupakan dasar dalam perancangan sebuah game. Dalam perancangan sebuah game terdapat 4 bagian, yaitu :
1.      Pemimpin Desainer, Orang yang menggerakan konsep game tersebut menjadi lebih menarik dan membuat game tersebut memiliki nilai artistik didalamnya.
2.      Game Mechanic Designer, Orang yang membuat suatu aturan pada sebuah permainan, sehinggan permainan tersebut tidak berat sebelah atau bisa dikatakan seimbang.
3.      Tingkat Desainer atau Lingkungan Desainer, Orang yang bertanggung jawab dalam membuat lingkungan permainan, agar pada sebuah game menjadi lebih real.
4.      Writter, Seorang yang mempunyai narasi dalam game tersebut dari setiap alur cerita, apa yang harus dilakukan pemain dalam memainkan game tersebut. Penulis harus bekerja sama dalam pembuatan skenario game dengan desainer utama.


Script merupakan bahasa yang digunakan untuk menterjemahkan setiap perintah. Game script sendiri berfungsi untuk mendokumentasikan rules dan core-mechanics pada sebuah game. Fungsinya adalah untuk membuat suatu aturan yang mendetail pada sebuah game dan agar kita bisa mengetahui cara memainkan game tersebut.

Storyboard merupakan suatu sketsa gambar yang disusun secara berurutan yang sesuai dengan naskah yang ada. Dengan adanya storyboard ini, kita dapat menyampaikan ide cerita kepada orang lain dengan lebih mudah. Storyboard pada game dan storyboard pada animasi tidaklah sama karena storyboard pada game pada setiap adegan memiliki kejadian yang berbeda berbeda dan memiliki goal/mission yang dibuat pada game itu sendiri. Sedangkan storyboard pada animasi menjelaskan alur narasi pada sebuah cerita.

Artificial Intelligent pada Game
Artificial Intelligent (AI) atau disebut juga Kecerdasan Buatan merupakan bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Dalam game AI berperan penting dalam membantu game menjadi lebih menarik dan menantang. Ambil contoh game chess/catur pada komputer, jika game tersebut tidak memiliki sebuah AI maka kita hanya bisa bermain melawan pemain dan tidak bisa bermain sendiri. Jika terdapat AI maka kita bisa melawan komputer di mana komputer tersebut diprogram dengan sedemikian menyerupai pemain, dan terdapat tingkat kesulitan yang dapat diatur.

Arsitektur Game Engine
Arsitek adalah pelajaran untuk membuat rancangan dari bangunan.
Game Engine atau mesin game merupakan sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Engine bukanlah sebuah executable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri.  
Jadi, Arsitektur mesin game adalah system perangkat lunak yang  dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Dapat dikatakan  bahwa arsitektur mesin game itu adalah rancangan dari sistem perangkat  lunak dari game itu sendiri.
Beberapa elemen yang terdapat dalam game engine, yaitu :
1.      Tools/Data, Alat yang digunakan untuk membuat sebuah game.
2.      System, Bagian dari game engine yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan hardware.
3.      Console, Digunakan pada proses debugging.
4.      Support, Berisikan rumus – rumus matematika yang biasa digunakan seperti vector, matrix, memory dan file loader.
5.      Renderer, Terdiri dari beberapa sub yaitu visibility, collision detection dan response.
6.      Game Interface, Layer antara game engine dan game itu sendiri dan berfungsi sebagai control.
7.      The Game, Inti dari penggunaan game itu sendiri.
Terdapat 3 tipe – tipe game engine, yaitu :
1.      Roll-your-own game engine, Tipe ini perusahaan – perusahaan kecil membuat game engine sendiri dikarenakan gratis dan juga memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine sendiri.
2.      Mostly-ready game engine, Tipe ini sudah menyediakan semuanya begitu diberikan kepada developer/programmer. Seperti GUI, physiscs, libraries model, texture, dan lain – lain.
3.      Point-and-click engine, Tipe ini dibuat sangat friendly tapi enginenya sangat dibatasi. Dengan sedikit memanfaatkan coding anda dapat membuat game anda sendiri tetapi engine ini terdapat kekurangan seperti terbatasnya jenis interaksi yang dilakukan dan biasanya mencakup semuanya.

Jenis – jenis Game Engine, yaitu:
1.      Freeware, Seperti Blender, OGRE, Cube, Cube 2, unity, dan lain – lain.
2.      Berbayar, Seperti Alamo, Dunia Engine, GameStudio, dan lain – lain.




Daftar Pustaka
Aji, Dimas Setya. 2016. PENGANTAR TEKNOLOGI GAME. Diambil dari : http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html. Diakses pada 17 Maret 2017.
Untoro, Septian Budi. 2016. KONSEP PEMBUATAN SCRIPT GAME KOMPUTER. Diambil dari : https://septianbudiuntoro.wordpress.com/2016/03/12/konsep-pembuatan-script-game-komputer/. Diakses pada 17 Maret 2017.

Yusuf, Rosikhan Maulana dan Aristiawan. 2015. UNITY 3D – GAME ENGINE. Diambil dari : http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/. Diakses pada 17 Maret 2017.

Babeledok. 2015. Apa Itu Steam ?. Diambil dari : https://singkongers.com/2015/07/09/apa-itu-steam/. Diakses pada 17 Maret 2017.

Wibowo, Aris. 2016. Ada 4 Jenis dan 11 Genre Game, Yang Mana Favorit Kamu ?. Diambil dari : http://www.pricebook.co.id/article/review/2016/01/26/3593/ada-4-jenis-dan-11-genre-game-yang-mana-favorit-kamu. Diakses pada 17 Maret 2017.
Alamanda, Alan. 2014. Pengenalan Teknologi Game. Diambil dari : http://alanalamanda.blogspot.co.id/2014/04/pengenalan-teknologi-game.html. Diakses pada 17 Maret 2017.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar