Tugas
1
Teknologi
Game
Teknologi adalah sebuah
pengetahuan yang ditujukkan untuk menciptakan alat, tindakan pengolahan dan
ekstrasi benda. Sedangkan game adalah sebuah system di mana pemain terlibat dalam
konflik buatan, ditentukan oleh aturan yang menghasilkan hasil yang terukur. Perkembangan
teknologi sangat mempengaruhi perkembangan sebuah game, dimana perubahan dari
tahun ke tahun terlihat sangat jelas salah satunya adalah grafiknya.
Platform atau alat yang
digunakan untuk bermain game, yaitu :
1.
PC Games, sebuah game yang dapat
dimainkan dengan menggunakan computer.
2.
Console Games, sebuah game yang dapat dimainkan dengan
menggunakan console seperti Playstation, XBOX, dan lain - lain.
3.
Handheld Games, sebuah game yang
dimainkan dengan console tertentu seperti Sony PSP, atau Nintendo DS.
4.
Mobile Games, sebuah game yang dapat
dimainkan menggunakan mobile phone.
Jenis dari game juga
bermacam – macam, seperti :
1.
Action, Pemain
harus menggunakan refles, akurasi dan waktu yang tepat untuk menyelesaikan
sebuah level game.
2.
Fighting, Berupa pertarungan dan pemain dapat memilih karakter dengan kemampuan
berbeda-beda.
3.
First Person Shooter
(FPS), Berupa tembak – tembakkan dan pemain akan memerankan tokoh dengan cara
pandang orang pertama.
4.
Third Person Shooter
(TPS), Sama dengan game FPS tapi berbeda dari sudut pandang pemain.
5.
Real Time Strategy (RTS), Menitikberatkan
sebuah strategi untuk mengalahkan lawan – lawannya.
6.
Role Playing Game (RPG), Game yang
menganduk unsur leveling dan pemain dapat menjelajahi dunia game.
7.
Adventure, Bersifat berpetualangan dan
menekankan jalur cerita game.
8.
Simulasi, Game yang dibuat mirip dengan
keadaan sekitarnya dan dalam genre tersebut keputusan pemain sangat
mempengaruhi pada karakter yang dimainkan.
9.
Sport game, Game yang berhubungan dengan
olah raga.
10.
Racing game, Game yang berhubungan
dengan balapan.
Bisnis
dalam Game Komputer
Bisnis dalam game computer
berkembang dengan sangat cepat. Dahulu game yang dimainkan hanya game yang
dibawaan dari system operasi karena game – game tersebut bergitu popular tapi
semakin teknologi yang canggih membuat game – game yang sekarang mengalami
peningkatan yang sangat jauh. Dalam bisnis game sekarang banyak cara untuk
mendapatkan sebuah game yang kita inginkan salah satunya dengan mendownload
game tersebut. Mendownload game tersebut tentu tidak semua game gratis, ada
juga yang berbayar untuk dapat memainkan game tersebut. Salah satu distributor
game yang paling banyak digunakan adalah Steam. Steam adalah distributor game
yang menyediakan game original yang disediakan oleh Valve. Dalam Steam banyak
sekali game – game yang dapat didownload dengan membayar atau bisa juga
didapatkan dengan gratis.
3D
Engine dan Scene Graph
3D merupakan bentuk
grafik yang menggunakan representasi data geometri 3 dimensi (X,Y, dan Z). Berbeda
dengan 2D yang menggunakan 2 dimensi (X dan Y).
3D Engine merupakan system
perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan
gambar 3D, fungsionalitas ini biasanya disediakan oleh mesin permainan yang
mencakup mesin render untuk 2D/3D grafis.
Konsep Graph Scene
merupakan inti dari Java3D. Sebuah Scene graph merupakan grafik yang mempresentasikan
geometri, material, dan pencahayaan. Secara garis besar terdapat 3 tahap
fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu :
1.
Menciptakan objek Canvas3D.
2.
Menciptakan sebuah scene graph.
3.
Menghubungkan objek Canvas3D ke objek
BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph.
OGRE
(Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah sebuah adegan yang
berorientasi, fleksibel mesin render 3D (sebagai lawan dari mesin permainan)
ditulis dalam C + + dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan intuitif bagi
developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan hardware-accelerated
grafis 3D. ORGE (Object Oriented Graphics Rendering Engine) ialah engine yang
object oriented dan fleksibel 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam
bahasa C++ serta di desain untuk mampu men-development dengan intuitif dan
mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated
3D graphics.
Sejarah singkat dari OGRE :
1. Berawal dari tahun 1999 merancang perpustakaan yang ada
API dan platform independennya.
2.
Kemudian 25
Februari 2000 mendaftarkan proyek Sourceforge dengan nama OGRE.
3.
Februari 2005
dirilislah Ogre v1.0.0
4.
Maret 2005 Ogre
adalah ‘Project of the Month’ di Sourceforge
5.
4 November 2005
Ankh dilepaskan sebagai produk komersial pertama menggunakan Ogre
6.
7 Mei 2006 Ogre 1.2
“Dagon” secara resmi dirilis
7.
25 Maret 2007 Ogre
1.4 “Eihort” secara resmi dirilis
8.
28 Agustus 2008
Ogre 1.6 “Shoggoth” secara resmi dirilis (Saat ini 1.6.5 Stable Release)
9.
31 Desember 2009
1,7 ogre RC1 “Ctchugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Pre Release)
10. 28 Februari 2010 Ogre 1.7 “Cthugha” secara resmi dirilis
(Saat ini 1.7.0 Stable Release)
Processing
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan
pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar,
animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar
pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa
perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing mengintegrasikan
suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke
dalam sistem terpadu.
Game Marker
Game maker merupakan aplikasi game editor yang bersifat
free atau gratis. Software ini bisa digabungkan dengan bahasa pemograman lain
seperti C++, berguna bagi yang ingin membuat game bertipe Arcade(2D), juga
sudah disediakan sampel game yang dibuat dengan software ini, diantara software
itu pasti ada satu yang dikenal yaitu game “1945″.
Game maker memungkinkan untuk membuat permainan dengan
menggunakan drag-and-drop sederhana,sehingga tidak perlu memiliki pengalaman
coding sebelumnya. Ini mencakup pilihan bahasa pemrograman untuk menambahkan
fitur-fitur canggih pada permainan tanpa perlu menulis satu baris kode.
Unity 3D
Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan
game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan
penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Unity mendukung semua format
file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications.
Terdapat fitur – fitur yang disedikan oleh unity, yaitu :
1.
Rendering
2.
Scripting
3.
Asset Tracking
4.
Platforms
5.
Asset Store
6.
Physic
Desain Scenario, Script, dan Storyboard Game Komputer
Desain merupakan yang hal
penting dalam game, dengan menggunakan desain membuat sebuah game menjadi lebih menarik. Skenario
juga tidak kalah pentingnya dalam game karena tanpa adanya skenario tidak ada
alur cerita dalam game tersebut. Jadi desain skenario merupakan dasar dalam perancangan
sebuah game. Dalam perancangan sebuah game terdapat 4 bagian, yaitu :
1.
Pemimpin Desainer, Orang
yang menggerakan konsep game tersebut menjadi lebih menarik dan membuat game
tersebut memiliki nilai artistik didalamnya.
2.
Game Mechanic
Designer, Orang yang membuat suatu aturan pada sebuah permainan, sehinggan
permainan tersebut tidak berat sebelah atau bisa dikatakan seimbang.
3.
Tingkat Desainer
atau Lingkungan Desainer, Orang yang bertanggung jawab dalam membuat lingkungan
permainan, agar pada sebuah game menjadi lebih real.
4.
Writter, Seorang
yang mempunyai narasi dalam game tersebut dari setiap alur cerita, apa yang
harus dilakukan pemain dalam memainkan game tersebut. Penulis harus bekerja
sama dalam pembuatan skenario game dengan desainer utama.
Script merupakan bahasa yang digunakan untuk
menterjemahkan setiap perintah. Game script sendiri berfungsi untuk
mendokumentasikan rules dan core-mechanics pada sebuah game. Fungsinya adalah
untuk membuat suatu aturan yang mendetail pada sebuah game dan agar kita bisa
mengetahui cara memainkan game tersebut.
Storyboard merupakan suatu sketsa gambar yang disusun
secara berurutan yang sesuai dengan naskah yang ada. Dengan adanya storyboard
ini, kita dapat menyampaikan ide cerita kepada orang lain dengan lebih mudah. Storyboard
pada game dan storyboard pada animasi tidaklah sama karena storyboard pada game
pada setiap adegan memiliki kejadian yang berbeda berbeda dan memiliki
goal/mission yang dibuat pada game itu sendiri. Sedangkan storyboard pada
animasi menjelaskan alur narasi pada sebuah cerita.
Artificial Intelligent pada Game
Artificial Intelligent (AI) atau disebut juga
Kecerdasan Buatan merupakan bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin
komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Dalam
game AI berperan penting dalam membantu game menjadi lebih menarik dan
menantang. Ambil contoh game chess/catur pada komputer, jika game tersebut
tidak memiliki sebuah AI maka kita hanya bisa bermain melawan pemain dan tidak
bisa bermain sendiri. Jika terdapat AI maka kita bisa melawan komputer di mana
komputer tersebut diprogram dengan sedemikian menyerupai pemain, dan terdapat
tingkat kesulitan yang dapat diatur.
Arsitektur Game Engine
Arsitek adalah
pelajaran untuk membuat rancangan dari bangunan.
Game Engine atau mesin
game merupakan sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan
pengembangan video game. Engine bukanlah sebuah executable program, artinya
engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri.
Jadi, Arsitektur
mesin game adalah system perangkat lunak yang
dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Dapat
dikatakan bahwa arsitektur mesin game
itu adalah rancangan dari sistem perangkat
lunak dari game itu sendiri.
Beberapa elemen
yang terdapat dalam game engine, yaitu :
1. Tools/Data, Alat yang digunakan untuk membuat
sebuah game.
2. System, Bagian dari game engine yang
berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan hardware.
3. Console, Digunakan pada proses debugging.
4. Support, Berisikan rumus – rumus matematika
yang biasa digunakan seperti vector, matrix, memory dan file loader.
5. Renderer, Terdiri dari beberapa sub yaitu
visibility, collision detection dan response.
6. Game Interface, Layer antara game engine dan
game itu sendiri dan berfungsi sebagai control.
7. The Game, Inti dari penggunaan game itu
sendiri.
Terdapat 3 tipe –
tipe game engine, yaitu :
1. Roll-your-own game engine, Tipe ini
perusahaan – perusahaan kecil membuat game engine sendiri dikarenakan gratis
dan juga memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam mengintegrasikan
komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine sendiri.
2. Mostly-ready game engine, Tipe ini sudah
menyediakan semuanya begitu diberikan kepada developer/programmer. Seperti GUI,
physiscs, libraries model, texture, dan lain – lain.
3. Point-and-click engine, Tipe ini dibuat
sangat friendly tapi enginenya sangat dibatasi. Dengan sedikit memanfaatkan
coding anda dapat membuat game anda sendiri tetapi engine ini terdapat
kekurangan seperti terbatasnya jenis interaksi yang dilakukan dan biasanya
mencakup semuanya.
Jenis – jenis Game
Engine, yaitu:
1. Freeware, Seperti Blender, OGRE, Cube, Cube
2, unity, dan lain – lain.
2. Berbayar, Seperti Alamo, Dunia Engine,
GameStudio, dan lain – lain.
Daftar Pustaka
Aji, Dimas Setya.
2016. PENGANTAR TEKNOLOGI GAME.
Diambil dari : http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html.
Diakses pada 17 Maret 2017.
Untoro, Septian Budi. 2016. KONSEP PEMBUATAN SCRIPT GAME KOMPUTER. Diambil dari : https://septianbudiuntoro.wordpress.com/2016/03/12/konsep-pembuatan-script-game-komputer/.
Diakses pada 17 Maret 2017.
Yusuf, Rosikhan Maulana dan Aristiawan. 2015. UNITY 3D – GAME ENGINE. Diambil dari : http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/.
Diakses pada 17 Maret 2017.
Babeledok. 2015. Apa Itu Steam ?.
Diambil dari : https://singkongers.com/2015/07/09/apa-itu-steam/.
Diakses pada 17 Maret 2017.
Wibowo, Aris. 2016. Ada 4 Jenis dan
11 Genre Game, Yang Mana Favorit Kamu ?. Diambil dari : http://www.pricebook.co.id/article/review/2016/01/26/3593/ada-4-jenis-dan-11-genre-game-yang-mana-favorit-kamu.
Diakses pada 17 Maret 2017.
Alamanda, Alan. 2014. Pengenalan Teknologi Game. Diambil dari
: http://alanalamanda.blogspot.co.id/2014/04/pengenalan-teknologi-game.html.
Diakses pada 17 Maret 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar