Tugas
2
Interaksi
Fisik dalam Teknologi Game
Game merupakan sarana
untuk menghilangkan stress. Banyak orang – orang yang memaikan game agar
menjadi fresh atau melupakan hal – hal yang membuat mumet. Tapi bermain game
secara terus menerus dapat menyebabkan kecanduan, oleh karena itu bermain game
secukupnya. Perkembangan game semakin berkembang dari tahun ke tahun, terdapat
sebuah console game dimana user dapat melatih otot dan gerak selayaknya berolah
raga, contohnya seperti xbox 360 Kinect. Console tersebut akan membaca
pergerakkan kita lalu gerakkan tersebut akan disalurkan/dikirim ke game dimana
game tersebut akan merespon tindakan/gerakka tersebut. Hebat bukan ? bermain
game tetapi dapat melakukan aktivitas seperti berolah raga.
User
Interface pada Game Komputer
User interface merupakan
mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sebuah system. User interface
dapat menerima informasi dari pengguna dan memberikan informasi kepada pengguna
(user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan
suatu solusi. User interface sangat berperan penting dalam dunia computer,
karena dengan adanya user interface memberikan kemudahan bagi pengguna (user) dalam
mengakses atau mengoperasikan sebuah computer.
Terdapat 4 elemen dalam
desain antarmuka game, yaitu :
1. Diegetic,
desain antarmuka yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan.
Elemen UI diegetic yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman
narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan
terintegrasi.
2. Non
– Diegetic, desain antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game
itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata sehingga
seakan – akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya.
3. Spatial,
elemen antarmuka yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa
suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarya (diegetic atau non –
diegetic).
4. Meta,
gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan
spasial untuk pemain. Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar
seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan.
Penampilan
Grafik Scene Game
Visibility
Merupakan tampilan
grafik scene game pada komputer. Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar
menarik dan berkualitas sehingga user menikmati game tersebut. Biasanya pada
video game terdapat istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut tidak
berbeda jauh dari scene 2D (dua dimensi). Hanya saja 2.5D memiliki beberapa
fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan dan sebagainya yang dibuat agar seakan-akan menyerupai scene
3D.
Game bertipe ini
menggunakan 2 macam tipe pemodelan, yaitu :
1.
3D Object,
membuat object 3D yang menjadi sebuah karakter utama, bangunan, dan object –
object yang lain.
2.
2D
Graphic, gambar 2D berperan juga dalam
membuat game ini dengan menggunakan texture untuk object sebagai latar belakang
seperti pemandangan dan langit.
Level of Detail
Level of detail
(LOD) digunakan untuk mengatur material yang akan diaplikasikan pada model
object. Disebut level karena tingka pengaturannya berbeda – beda tergantung
dari seberapa jauh jarak antara model dengan viewer. Tingkat teknik detil
meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa
grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model
sering diperhatikan karena efek kecil pada object muncul ketika jauh atau
bergerak cepat.
Game Berjaringan
Game berjaringan
adalah suatu permainan dengan media elektronik yang dimainkan dengan cara
terhubung dengan user lain dengan memanfaatkan sebuah alat penghubung jaringan
agar dapat bermain game secara bersamaan dengan user lain yang berbeda tempat,
waktu.
Contoh game
berjaringan adalah Ragnarok Online. Pada game tersebut kita tidak bermain
sendirian melaikan main bersama – sama dengan user lain.
Dalam game
berjaringan, pasti akan akrab dengan yang namanya PING. Ping ini berperan dalam masalah real
time atau ketepatan waktu pergerakan game dengan perangkat lain. Semakin kecil
ping maka akan semakin baik dalam bermain game berjaringan, dan semakin besar
ping maka semakin buruk / biasanya user menyebutnya nge-lag (kondisi internet
tidak stabil).
Daftar
Pustaka
Caralengkap. 2012. Definisi Interface (Antar Muka) Dan Contohnya.
Diambil dari : http://caralengkap.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan-contohnya.html.
Diakses pada 24 Maret 2017.
Nugraha, Arief. 2016. User Interface pada Game. Diambil dari :
http://ariefnugrahaa.blogspot.co.id/2016/05/user-interface-pada-game.html.
Diakses pada 24 Maret 2017.
Aji, Dimas Setya.
2016. PENGANTAR TEKNOLOGI GAME.
Diambil dari : http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html. Diakses pada 24 Maret 2017.
Fachrudin, Achmad.
2015. Penampilan Grafik Scene Game
Komputer : Visibility. Diambil dari : https://eituzed.blogspot.co.id/2015/04/penampilan-grafik-scene-game-komputer.html.
Diakses pada 24 Maret 2017.
Rachmawati, Indira.
2016. PENGANTAR TEKNOLOGI GAME.
Diambil dari : http://indirarachmawati95.blogspot.co.id/2016_03_01_archive.html.
Diakses pada 24 Maret 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar