Kamis, 23 Maret 2017

Penulisan 58 [ Soft Skill ]

Tugas 2

Interaksi Fisik dalam Teknologi Game
Game merupakan sarana untuk menghilangkan stress. Banyak orang – orang yang memaikan game agar menjadi fresh atau melupakan hal – hal yang membuat mumet. Tapi bermain game secara terus menerus dapat menyebabkan kecanduan, oleh karena itu bermain game secukupnya. Perkembangan game semakin berkembang dari tahun ke tahun, terdapat sebuah console game dimana user dapat melatih otot dan gerak selayaknya berolah raga, contohnya seperti xbox 360 Kinect. Console tersebut akan membaca pergerakkan kita lalu gerakkan tersebut akan disalurkan/dikirim ke game dimana game tersebut akan merespon tindakan/gerakka tersebut. Hebat bukan ? bermain game tetapi dapat melakukan aktivitas seperti berolah raga.


User Interface pada Game Komputer
User interface merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sebuah system. User interface dapat menerima informasi dari pengguna dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. User interface sangat berperan penting dalam dunia computer, karena dengan adanya user interface memberikan kemudahan bagi pengguna (user) dalam mengakses atau mengoperasikan sebuah computer.
Terdapat 4 elemen dalam desain antarmuka game, yaitu :
1.      Diegetic, desain antarmuka yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan. Elemen UI diegetic yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi.
2.      Non – Diegetic, desain antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata sehingga seakan – akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya.
3.      Spatial, elemen antarmuka yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarya (diegetic atau non – diegetic).

4.      Meta, gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain. Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. 

Penampilan Grafik Scene Game

Visibility
Merupakan tampilan grafik scene game pada komputer. Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga user menikmati game tersebut. Biasanya pada video game terdapat istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh dari scene 2D (dua dimensi). Hanya saja 2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan dan sebagainya  yang dibuat agar seakan-akan menyerupai scene 3D.
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan, yaitu :
1.      3D Object, membuat object 3D yang menjadi sebuah karakter utama, bangunan, dan object – object yang lain.
2.      2D Graphic,  gambar 2D berperan juga dalam membuat game ini dengan menggunakan texture untuk object sebagai latar belakang seperti pemandangan dan langit.

Level of Detail
Level of detail (LOD) digunakan untuk mengatur material yang akan diaplikasikan pada model object. Disebut level karena tingka pengaturannya berbeda – beda tergantung dari seberapa jauh jarak antara model dengan viewer. Tingkat teknik detil meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada object muncul ketika jauh atau bergerak cepat.

Game Berjaringan
Game berjaringan adalah suatu permainan dengan media elektronik yang dimainkan dengan cara terhubung dengan user lain dengan memanfaatkan sebuah alat penghubung jaringan agar dapat bermain game secara bersamaan dengan user lain yang berbeda tempat, waktu.
Contoh game berjaringan adalah Ragnarok Online. Pada game tersebut kita tidak bermain sendirian melaikan main bersama – sama dengan user lain.
Dalam game berjaringan, pasti akan akrab dengan yang namanya  PING. Ping ini berperan dalam masalah real time atau ketepatan waktu pergerakan game dengan perangkat lain. Semakin kecil ping maka akan semakin baik dalam bermain game berjaringan, dan semakin besar ping maka semakin buruk / biasanya user menyebutnya nge-lag (kondisi internet tidak stabil).

Daftar Pustaka
Caralengkap. 2012. Definisi Interface (Antar Muka) Dan Contohnya. Diambil dari : http://caralengkap.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan-contohnya.html. Diakses pada 24 Maret 2017.
Nugraha, Arief. 2016. User Interface pada Game. Diambil dari : http://ariefnugrahaa.blogspot.co.id/2016/05/user-interface-pada-game.html. Diakses pada 24 Maret 2017.
Aji, Dimas Setya. 2016. PENGANTAR TEKNOLOGI GAME. Diambil dari : http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html. Diakses pada 24 Maret 2017.
Fachrudin, Achmad. 2015. Penampilan Grafik Scene Game Komputer : Visibility. Diambil dari : https://eituzed.blogspot.co.id/2015/04/penampilan-grafik-scene-game-komputer.html. Diakses pada 24 Maret 2017.
Rachmawati, Indira. 2016. PENGANTAR TEKNOLOGI GAME. Diambil dari : http://indirarachmawati95.blogspot.co.id/2016_03_01_archive.html. Diakses pada 24 Maret 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar