Jumat, 04 Mei 2018

Tugas 24 [ Pemrograman Jaringan ]



Tugas 1

Latihan 1
Listing Program Latihan 1





Analisis Program Latihan 1
Pada listing di atas terdapat library java.net.* dan menggunakan class yang bernama getIP. Membuat sebuah variable inetAddress dengan nama host yang bernilai null dimana akan digunakan untuk menyimpan alamat dari IP. Terdapat array dengan tipe data byte yang bernama ip, nilainya diambil dari variable host. Dibuat perulangan dengan kondisi untuk mencetak alamat ip yang didapat dari masing-masing komputer.

Output Program Latihan 1



Latihan 2
Listing Program Latihan 2 



Analisis Program Latihan 2
Pada listing di atas terdapat library java.net.* dan menggunakan class yang bernama getName. Membuat sebuah variable inetAddress dengan nama host yang bernilai null dimana akan digunakan untuk menyimpan nama host dari komputer yang digunakan dan program akan mencetaknya.

Output Program Latihan 2




Latihan 3
Listing Program Latihan 3 



Analisis Program Latihan 3
Pada listing di atas terdapat library java.net.* dan menggunakan class yang bernama IPtoName. Terdapat kondisi dimana jika panjang argument sama dengan 0, maka akan mencetak kalimat “Pemakaian: java IPtoName <IP address>” dan dilanjutkan dengan menutup program. Terdapat pemakaian variabeldengan tipe data string yang bernama host, berfungsi sebagai penyimpanan array argument pada indeks 0. Lalu terdapat juga variable untuk InetAddress dengan nama address yang bernilai 0. Terdapat try catch dimana di dalam try variable address akan mengambil nilainya dari host, lalu akan dilakukan catch jika nama host tidak diketahui maka akan mencetak pesan error dan kemudian keluar dari program.

Output Program Latihan 3




Latihan 4
Listing Program Latihan 4



Analisis Program Latihan 4
Pada listing di atas terdapat library java.net.* dan menggunakan class yang bernama NsLookup. Terdapat kondisi dimana jika panjang argument sama dengan 0, maka akan mencetak kalimat “Pemakaian: java NsLookup <hostname>” dan dilanjutkan dengan menutup program. Mendeklarasikan variable string dengan nama host yang mana berfungsi sebagai media menyimpan nilai array argument pada indeks 0. Membuat juga variable untuk InetAddress bernama address dengan nilai 0. Terdapat try catch dimana di dalam try variable address akan mengambil nilainya dari host, lalu akan dilakukan catch untuk mengecek jika nama host tidak diketahui maka akan mencetak pesan error dan kemudian keluar dari program. Dibuat array bertipe byte dengan nama ip dan juga terdapat perulangan dengan kondisi di dalamnya, untuk mencetak alamat ip yang didapat.

Output Program Latihan 4




Latihan 5
Listing Program Latihan 5
Server



Client



Analisis Program Latihan 5
Server
Menggunakan library java.io dan java.net kemudian membuat variable Testport dengan nilai 5000, variable ServerSocket bernama checkserver, variable bertipe string dengan nama line, variable untuk BufferedReader bernama is, variable untuk DataOutputStream bernama os, dan variable Socket bernama clientSocket. Diberikan try catch, dimana di dalam try akan dibuat objek baru untuk serverSocket dengan nilai dari TESTPORT yang kemudian disimpan di variable checkServer, lalu dicetak bahwa server berjalan. Diberikan try catch lagi di mana variable clinetSocket akan menerima koneksi dengan checkServer.accept(). Kemudian membuat objek baru untuk memasukkan data yang disimpan dalam variable is dan os, diberikan try catch lagi di mana di dalam try akan dibaca pesan yang masuk dengan sintaks is.readLine() yang kemudian disimpan di dalam variable line, kemudian pesan diterima akan dicetak. Diberikan kondisi juga di mana pesan yang diterima dibandingkan dengan kata “salam”, jika sama maka variable os akan menulis “salam juga”, jika tidak sama maka akan dicetak bahwa program tidak mengerti. Diberikan try catch terakhir yang digunakan untuk menutup masukkan data, keluaran data, dan koneksi server.

Client
Menggunakan library java.io dan java.net, mendeklarasikan variable REMOTE_PORT bernilai 5000, variable Socket bernama cl, variable BufferedReader bernama is, variable DataOutputStream bernama os. Kemudian membuat objek untuk BufferedReader yang disimpan dalam variable bernama stdin, variable bertipe string bernama userInput dan variable bertipe string bernama output. Diberikan try catch di dalam di dalam try, variable cl akan menyimpan nilai socket pada ip yang disimpan di array args pada indeks 0 dan nilai pada variable REMOTE_PORT. Variable is akan membuat objek baru dari BufferedReader untuk masukkan data, variable os akan membuat objek baru untuk DataOutputStream untuk keluaran data. Diberikan try catch lagi di mana di dalam try akan dicetak perintah untuk memauskkan kata kunci yang kemudian akan disimpan dalam variable userInput dengan sintaks stdin.readLine(). Kemudian variable os akan mencetak masukkan tersebut. diberikan try catch lagi di mana di dalam try, variable output akan menyimpan masukkan dari variable is dengan sintaks is.readLine() yang kemudian akan dicetak tanggapan dari server. Diberikan try catch terakhir yang digunakan untuk menutup masukkan data, keluaran data, dan koneksi ke server.

Output Program Latihan 5 [ Server ]



Output Program Latihan 5 [ Client ]















Tidak ada komentar:

Posting Komentar